Pokok Pikiran Mantan Presiden Soeharto tentang Hukuman Mati


Otobiografi Pak Harto
Mantan Presiden Soeharto sangat meyakini, sebagaimana halnya keyakinan mayoritas orang, bahwa  mati itu di tangan Tuhan. Menurut beliau, hukuman mati itu ada di dalam Undang-Undang Hukum Pidana. Apakah kemudian itu berarti bahwa manusia menentukan matinya seseorang?

Perkara kukuman mati ini, Pak Harto selalu berkonsultasi  kepada Mahkamah Agung (MA). "Kalau jawaban MA ya, dia harus menjalani hukuman mati, maka saya putuskan ya, sudahlah, saya tolak permintaan grasi. Dengan ini saya berpikir, barangkali memang Tuhan sudah menentukan matinya orang itu harus melewati keputusan saya" , ungkapnya tegas. "Tuhan yang menilai apa yang harus saya pikul kelak" , tandas beliau yakin.

“Mereka yang tidak ingin dikenakan hukuman mati, hendaknya janganlah melakukan perbuatan yang melanggar peraturan itu karena sudah diberitahu akibatnya", tegas Pak Harto. Mantap !!!

Pokok-pokok pikiran Mantan Presiden Soeharto tentang hukuman mati, dan juga tentang banyak hal lainnya, terekam dengan baik dalam buku otobiografi beliau: Soeharto, Pikiran, Ucapan dan Tindakan Saya.

Related Posts:

0 Response to "Pokok Pikiran Mantan Presiden Soeharto tentang Hukuman Mati"

Post a Comment